Senin, 13 Desember 2010

Posted by yuyunpasca on 14.42 No comments
 Pengantar Teknologi Informasi
1. Lanjutan bagian 1
Piranti adalah alat yang terdapat dalam komputer. Piranti dapat dibagi kedalam dua bagian yaitu piranti masukan (input devise) dan piranti keluaran (output devise). Hal-hal yang harus diperhatikan bila kita memilih piranti, yaitu; kondisi lingkungan,keselamatan kerja,variasi dalam tugas serta hubungan dengan kegiatan lain.hal-hal tersebut perlu diperhatikan karakteristik oleh pengguna , hal ini disebabkan karena pengguna dapat bervariasi pengetahuan, keterampilan, kemampuan, pengalaman, kebudayaan, dan gender.

Secara umum piranti masukan yang paling tepat akan memenuhi salah satu faktor berikut:
1. Cocok dengan karakteristik pengguna, keahlian, dan training yang pernah dilakukan.
2. Sesuai dengan tugas yang akan dil;akukan.
3. Sesuai dengan maksud pekerjaan dan lingkungannya.

Memilih piranti yang sesuai dengan jenis pekerjaan misalnya tombol numerik cocok menggunan masukan numerik ,dan sebagainya.
Beberapa kategori yang termasuk kategori masukan, diantaranya:
a. Keyboard
b. Audio
c. Panting
d. Scaning
e. Specialized
Keyboard adalah piranti infut yang paling utama untuk berinteraksi dengan sistem komputer dan piranti terbaik untuk memasukan berbentuk tekes. Namun memiliki kelemahan keyboard lebih lambat, kurang akurat, dan kurang disukai pengguna dibandingkan piranti masukan lainnya.
Tombol pada keyboard dikelompokkan kedalm empat bagian yaitu tombol fungsi, tombol alpha numerik, tombol kontrol, dan tombol numerik. Ada beberapa kategori piranti masukan ;
1. Types of keyboard
2. Keyboard QWERTY
3. Audio
4. Speech Recognition Microphone
5. Pointing Devise
6. Mouse
7. Joystick 
8. Trackball
9. Light pen
10. Touch screen
11. Scanner
Sedangkan piranti masukan terdiri dari :
1. Visual Display System
2. Monitor


COMPUTER SYSTEM
Agar komputer berfungsi sebagai pengolah data yang dapat menghasilkan informasi maka diperlukan sistem komputer (computer system).
Ada 3 elemen dalam sistem komputer yang yang saling berkaitan satu sama lainnya yang menjadi satu kesatuan.
  1. Hardware adalah peralatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah. Secara umum fungsi hadware di bagi menjadi tiga kategori komponen, yaitu : input, output dan storage
  1. Software adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data, contohnya program aplikasi pengolah kata atau permainan. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu : sistem operasi, program aplikasi dan bahasa pemrograman.
  1. Brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.

Perangkat lunak adalah program yang berisi intruksi atau perintah untuk melakukan proses pengolahan data yang berfungsi untuk meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah. Perangkat lunak adalah salah satu unsur komputer yang berperan penting dalam memproses data atau memecahkan masalah. Perangkat lunak sistem terbagi menjadi tiga bagian yaitu operating syistem, utilitas, dan device driver. 
Linux merupan turunan turunan dari sistem operasi UNIX. Linux adalah sistem operasi berbasis general Public Licacce yang berarti dapat dikopi secara bebas tanpa harus membayar kepada pemegang lisensi, dengan catatan soursouse code harus selalu disertakan dalam penyebarannya.

Devise driver adalah program yang berfungsi untuk membantu komputer mengendalikan peranti-peranti peripheral. Perangkat lunak ini biasanya disediakan vendor yang memproduksi perangkat keras.

0 komentar:

Posting Komentar